top of page
Writer's pictureEgi Nugraha

Buku elektronik





Buku elektronik (disingkat Buku-e atau EBOOK) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dewasa ini buku elektronik diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah teks polos, pdf, jpeg, doc lit dan html. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.


Salah satu usaha untuk melestarikan literatur berbentuk buku yang banyak jumlahnya dan memerlukan biaya perawatan yang mahal adalah dengan melakukan transfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik. Dalam hal ini akan banyak ruang dan juga upaya yang dihemat untuk merawat literatur-literatur tersebut.


Amazon Menjadi salah satu perusahaan yang mengembangkan Buku elektronik ini, mereka menggunakan buku elektronik semakin populer karena dapat dibaca kapan saja di mana saja dengan Kindle, salah satu tablet luncuran mereka. Buku elektronik dapat dibuka dengan berbagai macam software diantaranya Adobe Acrobat, Microsoft Word dan masih banyak lagi tergantung format yang dimiliki.




Dari segi isinya, sebagian besar media ebook lebih mengajak pembaca untuk melakukan aksi. Semisal, bergabung dalam suatu jenis dan program bisnis, membeli produk yang disebutkan dalam ebook itu, hingga mempercayai informasi yang ada dalam ebook. Namun perlu dipahami bahwa ajakan dalam ebook tidak musti tampak nyata dengan diwaklikalimat-kalimat semacam ini: Mari kita wisata ke pantai A, Ayo bangun jalan darat menuju pulau B, Kunjungi website kami lagi, dan lain-lain.


Ajakan atau perintah dan panduan dalam media ebook sangat beragam, dan tersampaikan dengan gaya yang beragam pula. Lebih dari itu, biasanya juga terdapat gambar atau konten-konten menarik yang dikemas dalam layout dan desain professional.


Meski penggunaan media ebook semacam ini cukup tergolong “menantang” dan membutuhkan sumber daya pengelola yang handal, kesempatan meraup untungnya sangat besar. Betapa tidak? Media yang Anda gunakan ini bisa saja tersebar dengan mudah dan dimiliki banyak orang yang tidak pernah mengakses media website Anda. Bahkan saya sendiri misalnya, seringkali seringkali mencetak media-media semacam ini untuk say abaca-baca saat offline. Ketika saya letakkan di meja tamu, sering juga para tamu dengan iseng membaca atau membolak-balik buku itu.


Nah, bagaimana jika orang yang tidak pernah mengakses media website Anda dan tertarik dengan tawaran bisnis Anda melalui media ebook itu tadi? Bagaimana jika Anda menyisihkan beberapa ruang iklan di halaman ebook itu untuk Anda jual kepada para pengiklan?

Jika mau jujur, media ebook seperti ini, mirip dengan media cetak semacam Koran ataupun majalah yang dewasa ini muncul dalam versi epaper. Ada yang menggratiskan orang lain selama mengaksesnya dan banyak pula yang mengharuskan calon pengakses membayar lebih dulu.


TERIMAKASIH BANYAK😊😊😊

SEMOGA BERMANFAAT 🙆

1 view0 comments

Recent Posts

See All

My First Blog Post

Be yourself; Everyone else is already taken. — Oscar Wilde. This is the first post on my new blog. I’m just getting this new blog going,...

Comments


ABOUT
Me

This is a great place to tell your story and give people more insight into who you are, what you do, and why it’s all about you.

bottom of page