top of page
Writer's pictureEgi Nugraha

cara melakukan geotagging pada foto hasil pemotretan


Apa itu Geotagging???😀

 Geotagging adalah proses menambahkan identifikasi geografis metadata untuk berbagai media seperti photo, video, website, atau RSS feed dan merupakan bentuk metadata geospasial. Data ini biasanya terdiri dari garis lintang dan bujur, meskipun mereka juga dapat mencakup ketinggian, bantalan, jarak, akurasi data, dan nama tempat.

Apa manfaat dari Geotagging???

Geotagging dapat membantu pengguna menemukan berbagai macam informasi lokasi-spesifik. Misalnya, seseorang dapat menemukan gambar-gambar yang diambil di dekat lokasi tertentu dengan memasukkan koordinat lintang dan bujur ke mesin photo geotagging-enabled pencarian.

Untuk keperluan pembuatan moszaik foto gunanya geotagging itu untuk mempermuprojection hasil moszaik tersebut dapat dianalisa/telaah pada altittude,longtitude,error RMS.

Kita bisa melakukan geotagging dengan cara pengaktifan pada GPS kamera, nuah bila kamera tidak ada GPS sebagai komponen tambahan, ada cara lain dengan bantuan sebuah aplikasi Geotagging.!!!         “”ETTHH,,, jangan bingung kawan, di blog ini saya sudah menyediakan aplikasinya loh heeee, yuk download mentemen aplikasi pada link ini ⇒⇒⇒  kilk klik klik

Untuk tutorialnya sebagai berikut:

  1. buka aplikasi nya kawan       

  1. dan lakukan chose file foto tsb/pilih file hasil pemotretan dan klik oke. 

  1. selanjutnya chose/masukan file GPS. hasil pengukuran di lapangan dan oke.

  1. lakukan pemilihan lokasi saat pengukuran pengambilan foto dan hasil pengukuran GPS, pilih lokasi Asia>pilih kota tempat kawan saat pengukuran, > oke,

  1. terakhir lakukan sinkronisasi hasil langkah-langkah di atas, guna memproses setiap foto tsb dan menyatukan dengan data GPS.

😇SEMOGA BERMANFAAT😇

TERIMAKASIH 🙏

294 views0 comments

Recent Posts

See All

My First Blog Post

Be yourself; Everyone else is already taken. — Oscar Wilde. This is the first post on my new blog. I’m just getting this new blog going,...

ComentĂĄrios


ABOUT
Me

This is a great place to tell your story and give people more insight into who you are, what you do, and why it’s all about you.

bottom of page