top of page
Writer's pictureEgi Nugraha

REVIEW JURNAL KADASTER FISCAL


  JUDUL : PERANCANGAN SISTEM INVENTARIS TANAH BERBASIS WEBGIS UNTUK PEMERINTAH

HALAMAN : 6 HAL.

TAHUN : 2016

REVIEWER : EGI NUGRAHA (23116064)

TANGGAL : 5 OKTOBER 2018


Puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan waktu dan tempat untuk menyelesaikan review saya mengenai jurnal kadaster fiscal yakni “Perencanaan sistem inventaris tanah berbasis webgis untuk Pemerintah”. Juga kami ucapkan terimakasih pada pihak-pihak yang telah membantu membuat jurnal seperti itu sehinngga saya sangat progresif dalam review.

Abstrak

Pada bagian abstra, penulis sudah dengan jelas menggambarkan isi jurnal secara keseluruhan. Latar belakang, pendahuluan, tujuan pustaka, metode, pembahasan, kesimpulan jurnal sudah dicakup pada bagian abstrak ini.

Tujuan penulis mengangkat materi ini adalah karena penulis ingin mengetahui Inventarisasi tanah menjadi penting bagi pemerintah daerah, dimana saat ini pemerintah daerah masih menginventarisir dengan proses manual. Sehingga masyarakat masih mengklaim atas hak kepemilikannya. Dengan dari itu dibuatlah sisten inventaris tanah berbasis webgis akan dapat mempermudah pengelolaan dan menjaga dokumen kepemilikan tetap aman.

Pembahasan

Pada bagian ini, penulis membuat perancangan dan peng implementasi.

Pada perancangan sistem inventaris ini hanya menggunakan 2 (dua) aktor saja yaitu user yang memiliki hak(authorized user)dan penggunjung(guest). Operator yang ditunjuk sebagai pengelola aplikasi oleh pemerintah daerah menjadi aktor Authorized User, sedangkan pengungjung sistem sebagai Guest.

Pada implementasi rancangan yang telah dibuat dengan use case kemudian diimplementasikan kedalam sebuah aplikasi berbasis webgis. Dalam menerapkan model MVC digunakan Codeigniter 2.4 sebagai core dari aplikasi ini yang dibuat, sedangkan untuk menerapkan dan memberikan kemampuan pemetaan digunakan layanan google maps dengan menggunakan Google Maps Api Service versi 2&3. Google Maps Api dipilih karena kemudahan akses (free/gratis) dan ketersediaan fungsi marker dan poligon.

Hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum melakukan pemrograman dengan Codeigniter adalah melakukan setting atau konfigurasi pada 3 file yang berada pada folder config diantaranya config.php, database.php dan routes.php. Dari seluruh rancangan desain sistem inventaris tanah yang ada, telah berhasil di implementasikan dan telah dipaparkan pada paper ini. Didalam pengimplementasian didapatkan beberapa kendala yang muncul pada implementasi Google Maps Api yaitu, untuk menggambarkan bidang tanah dengan luas area dibawah 500 M2, poligon atau plot area akan tampak sangat kecil karena terdapat batasanzoom-controldari googlemaps.

Kesimpulan

Penulis menyimpulkan bahwa semakin lebar ukuran pondasi Penggunaan Codeigniter sebagai implementasi model MVC mempermudah implementasi coding untuk menangani CRUD database karena tidak ada pengulangan coding fungsi sql untuk menangani tugas yang sama. Sehingga dengan mudah google maps di kustomisasikan pada data base sehingga terbentuknya informasi berbasis webgis yang sangat mudah dilihat dan didapatkan.

Kelebihan

Tampilan jurnal cukup menarik karena adanya grafik dan step-step pengolahan di setiap penyampaian, sehingga pembaca dapat dengan mudah menyimpulkan perbandingan penggunaan dan perhitungan yang dilakukan penulis.

Kekurangan

Tidak adanya cara kodingan yang lebih spesifik lagi pada memasukan informasi pada basis data, sehingga saya hanya mengetahui step-step saat meng implementasi inventaris data.

Daftar pustaka

1. Yang, Yang, et al. “Hotel location evaluation: A combination of machine learning tools and web GIS.”International Journal of Hospitality Management47 (2015): 14-24.

2. Prabowo, Sari, Hendika. “Implementasi Pemrograman PHP Berbasis Model View Controller (MVC) pada Website Ecommerce (Studi Kasus: http://www.indominiatur.com)” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (2014).

3. Meng, Shengguang, et al. “An asset management system based on RFID, WebGIS and SMS.”Proceedings of the 2nd international conference on Ubiquitous information management and communication. ACM, 2008.

UNTUK JURNAL SEBAGAI REFERENSI BISA DI BUKA DI→ LINK TERIMA KASIH SEMOGA MEMBANTU👌😇

10 views0 comments

Recent Posts

See All

My First Blog Post

Be yourself; Everyone else is already taken. — Oscar Wilde. This is the first post on my new blog. I’m just getting this new blog going,...

Comments


ABOUT
Me

This is a great place to tell your story and give people more insight into who you are, what you do, and why it’s all about you.

bottom of page